Jenis Kabel Instalasi Listrik, Fungsi dan Kegunaannya

Kabel listrik pada umumnya berfungsi untuk menghantarkan energi listrik namun seiring dengan perkembangan zaman kabel juga digunakan untuk menyalurkan data. Jika kita lihat dari bahan pembuatannya maka terdiri dari bahan konduktor dan isolator. Kemampuan menyalurkan energi listrik ditentukan dalam KHA atau Kemampuan Hantar Arus dalam satuan ampere.

Jenis kabel instalasi listrik secara umum ada 3 yaitu NYA, NYM dan NYY. Hal ini berdasar atas kegunaannya dalam menyalurkan energi listrik. Oleh sebab itu jika kita hendak membeli atau memakai kabel sebaiknya kita sesuaikan dengan penggunaannya.

Macam-macam kabel listrik

Jenis Kabel Listrik, Fungsi dan Kegunaannya
1. Kabel NYA
Merupakan jenis kabel berinti tunggal dan dilapisi isolator berbahan PVC, jenis kabel ini banyak digunakan untuk memasang instalasi listrik rumah. Saat kita hendak membelinya biasanya kita akan ditanya ukuran berapa?, lalu kita akan jawab 2,5 atau 1,5. Apa maksudnya?, memang setiap kabel tunggal jenis NYA memiliki diameter ukuran dalam milimeter. Itulah sebabnya dalam bungkus biasanya tertera diameter kawatnya. Namun sekarang ini sudah banyak sekali tulisan yang tidak sesuai dengan aslinya. Oleh sebab itu jangan sampai keliru dalam memilih jenis kabel ini terutama hendak digunakan sebagai kabel induk. Selanjutnya jika kabel ini hendak kita gunakan untuk instalasi listrik maka sebaiknya kita gunakan pipa instalasi agar kabel tetap awet dan tahan lama. Sebab kabel jenis ini mudah sekali pecah-pecah isolatornya.

2. Kabel NYM
Merupakan jenis kabel berinti lebih dari satu, Artinya dalam sebuah kabel ada 2 , 3 atau lebih penampang kawat didalamnya dan masing-masing kawat berisolasi. Jadi kabel NYM ini secara umum memiliki 3 lapisan isolator. Kabel jenis ini bisa kita gunakan diluar ruangan atau didalam ruangan untuk menghantarkan energi listrik. Biasanya kalau dirumah-rumah kita gunakan sebagai pencabang arus listrik untuk steker. Hal ini karena lapisan isolatornya yang bagus sehingga tidak mudah terkelupas maupun putus.

3. Kabel NYY
Kabel jenis NYY sebenarnya mirip dengan kabel NYM, hanya saja kebanyakan ukurannya yang lebih besar dan memiliki isolator yang lebih kuat dan tebal. Itulah sebabnya kabel ini banyak digunakan untuk instalasi gedung, apartemen pabrik dan sebagainya. Hal ini karena kabel ini cukup tahan terhadap berbagai macam cuaca. Untuk pemasangannya biasanya ditanam didalam tanah. Namun ada juga yang langsung dicor langsung pada dinding bangunan. Makanya kabel jenis ini sangat mahal harganya. Jadi tidak banyak yang menggunakan kabel ini pada instalasi rumah.

Itulah beberapa macam kabel yang biasa digunakan untuk instalasi listrik yang mungkin sering kita jumpai, namun tidak tahu namanya. Oleh sebab itu semoga sedikit artikel ini bisa bermanfaat buat anda. Jangan lupa lihat juga cara memasang instalasi listrik dengan mudah

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Jenis Kabel Instalasi Listrik, Fungsi dan Kegunaannya"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.