Penyebab Tombol Handphone Rusak dan Cara Memperbaikinya

Handphone menjadi salah satu alat komunikasi yang sering dipakai saat diseluruh dunia, berbagai merk sudah banyak dijual seperti Nokia, Blackberry, Mito, Sony, Motorolla dan sebagainya. Namun seiring dengan berjalannya waktu muncullah varian terbaru seperti smartphone, Tablet, Gadget dan sebagainya. Kesemuanya itu pada dasarnya memiliki fungsi yang sama yaitu berkomunikasi. Kalau kita lihat dulu tombol/ keypad masih manual, maka sekarang kita akan benyak menemui jenis touchscreen (layar sentuh). Jadi tidak lagi menggunakan keypad. Meski begitu pada bagian tertentu tombol keypad juga masih dipakai, entah itu hanya untuk menghidupkan saja, kamera, volume dan sebagainya. Jadi tombol keypad masih ada, hanya saja untuk fungsi tertentu.

Lalu bagaimana jika tombol tersebut tidak berfungsi?. Nah ini adalah sebuah masalah bagi pengguna HP jadul, karena rusaknya tombol menjadi masalah saat memakai HP. Oleh sebab itu berikut ada beberapa Penyebab tombol tidak berfungsi.


penyebab tombol hendphone rusak
  1. Adanya kotoran yang menempel pada bagian konektor tombol.
  2. konektor seng sudah berkarat atau bergeser posisinya
  3. Ada jalur yang putus dibagian tombol
  4. Sistem operasi mengalami crash atau hang.
  5. Keypad terlalu kaku atau tidak bisa menekan konektor seng
  6. Keypad kurang pas posisinya atau ukuran tidak sesuai setelah ganti casing.
  7. Dan sebagainya.
Dari beberapa hal tersebut mungkin pernah anda alami, oleh sebab itu berikut adalah tips yang pernah saya lakukan dalam memperbaikinya.
  • Matikan HP lalu bongkar casing dan ambil keypadnya
  • Coba hidupkan tanpa casing, lalu tekan tombol dengan lidi. Jika tombol berfungsi, berarti keypad ada yang kurang pas posisinya, jadi coba ganti yang lain.
  • Namun Jika tombol ada yang berfungsi dan ada juga yang tidak, maka coba kelupas isolator penyekatnya. Dan coba ambil konektor seng, lalu bersihkan semua. 

tombol hp
  • Coba hidupkan tanpa konektor seng, lalu hubungkan langsung dengan kabel atau obeng min. Jika berfungsi berarti konektor seng bermasalah. Coba ganti saja konektornya jika setelah dibetulkan masih tetap tidak berfungsi.
lempengan seng tombol hp
  • Jika semua tahapan diatas tetap bermasalah, maka kerusakan ada dijalur tombol yang kemungkinan putus. Untuk itu sebagai saran dibawa ke servis saja. 
  • Namun jika rusak karena hang, Maka coba matikan dan hidupkan lagi. Jika masih belum bisa berarti minta diflash ulang.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda yang sedang mencari penyebab kerusakan pada tombol keypad Handphone. Meski masih jauh dari sempurna, saya berharap bisa membantu pencarian anda. Lihat juga cara memperbaiki HP tidak bisa dicharge.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Penyebab Tombol Handphone Rusak dan Cara Memperbaikinya"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.