Fungsi Lampu Led Indikator Yang Perlu Diketahui

LED merupakan kependekan dari Light Emitting Diode. Pada dasarnya lampu led adalah salah satu komponen elektronika jenis dioda yang dapat memancarkan cahaya. Sampai saat ini lampu led banyak sekali difungsikan sebagai lampu emergency, indikator, Vu meter, lampu hias, lampu senter dan sebagainya. Namun kali ini yang perlu kita ketahui adalah tentang led sebagai indikator. Artinya digunakan sebagai penanda bahwa alat sudah aktif, ada pemberitahuan atau penanda panas dan sebagainya.

Banyak sekali peralatan listrik maupun elektronik dilengkapi lampu led sebagai indikator, sehingga sebagai pengguna kita akan lebih mudah mengetahui bahwa peralatan yang kita gunakan aktif atau bekerja. Jika indikator tidak ada tentu kita akan kesulitan dalam menentukan kondisi atau keadaan peralatan yang digunakan. Sebagai contoh berikut ada beberapa fungsi led yang mudah-mudahan bisa bermanfaat.

1. Indikator LED Sebagai Power / Stanby, yaitu penanda bahwa peralatan sudah aktif.
Fungsi Lampu Led Indikator Yang Perlu Diketahui
Indikator ini banyak kita temukan pada peralatan rumah tangga seperti Televisi, Receiver, DVD, Radio, Amplifier dan sebagainya. Dengan adanya indikator ini, maka kita bisa tahu bahwa alat yang kita hidupkan sudah aktif atau masih stanby. Biasanya untuk stanby ditandai LED nyala redup sedangkan jika sudah aktif akan menyala terang. Meski begitu ada juga yang menggunakan dua buah led jika stanby nyala merah. Jika aktif nyala Hijau atau biru

2. Indikator LED sebagai icon atau penunjuk aktif pada pilihan tertentu
 Untuk yang satu ini, biasanya terdapat beberapa LED yang akan aktif pada saat tertentu, atau sengaja kita aktifkan. Biasanya terdapat pada laptop, Komputer, Kipas angin, magic com dan sebagainya. Selain Led juga disertai icon yang menggambarkan tanda tertentu. Misal ada icon baterai yang menandakan baterai dicas, icon 1, 2, 3, 4 sebagai selector pilihan dan lain-lain. Dengan adanya indikator ini kita tahu bahwa alat tersebut sedang aktif dalam mode yang dipilih atau yang menyala LED nya.

3. Indikator LED sebagai Penanda adanya tegangan tinggi

 Dengan adanya indikator ini kita akan tahu bahwa arus listrik sedang aktif, atau adanya tegangan tinggi pada alat tertentu. Biasanya indikator ini ada pada peralatan listrik seperti KWH meteran, Saklar lampu, Stop Kontak dan sebagainya. 

4. Indikator pada Handphone / Smartphone/ Tablet
HP dizaman sekarang ini sudah banyak dilengkapi dengan indikator sebagai penanda tertentu, meski pada dasarnya nyala led bisa saja dirubah sesuai keinginan kita. Sebagai contoh pada HP Blackberry. Nyala lednya memiliki fungsi standar sebagai berikut:
  • Nyala merah berarti tanda adanya pesan masuk
  • Nyala biru berarti bluetooth sedang aktif
  • Nyala hijau berarti berada pada coverage area
  • Nyala orange berarti pertanda baterai lemah
Fungsi ini sebenarnya tidak hanya pada Blackberry saja, pada Android, Laptop atau smarphone lainnya juga ada yang memakai indikator seperti ini.

5. Led Indikator display
Pada peralatan yang lebih modern tentu indikator display seperti ini banyak dipergunakan pada perangkat seperti receiver, DVD player, Mp3 Player dan sebagainya. Sehingga akan tampak huruf dan angka yang sudah bisa kita baca maksudnya.

 Dari berbagai macam LED indikator tersebut mudah-mudahan bisa bermanfaat. Jika ada kesalahan atau kekurangan mohon koreksinya, karena sebagai pemula seperti saya tentu banyak kekhilafan. Jangan lupa lihat juga membuat led indikator pada peralatan rumah. terimakasih atas kunjungannya.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Fungsi Lampu Led Indikator Yang Perlu Diketahui"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.