Skema Rangkaian Lampu TL dengan Baterai 12V

Pernahkah anda melihat lampu neon atau TL (Flourescent Lamp) yang dihidupkan tanpa dicolok listrik PLN?. Jika ya maka skema rangkaian yang akan dishare ini adalah contohnya. Namun perlu kita tahu bahwa sebenarnya rangkaian ini bukannya tidak memerlukan energi listrik, akan tetapi menggunakan baterai sebagai penyuplay tegangan. Sistem kerjanya adalah dengan menaikkan tegangan baterai dan menjadikannya arus bolak-balik. Jadi hampir sama dengan cara kerja inverter.
 
Skema rangkaian lampu neon ini menggunakan catu daya baterai 12V. Untuk itu kita bisa menggunakan Aki motor, mobil atau dengan baterai emergency yang disusun seri. Cara membuatnya juga sangat sederhana, karena kita bisa menggunakan trafo CT 1 Ampere, 3 buah kapasitor, sebuah resistor dan Transistor. Sehingga tidak perlu banyak mengeluarkan uang untuk membuatnya.

Rangkaian ini sangat cocok apabila sedang mati lampu atau adanya pemadaman listrik didaerah kita. Jadi kalau kita bisa bikin sendiri ngapain beli, hehe
Skema rangkaian Lampu TL (Flourescent Lamp)

Keterangan gambar
C1 = 22nF
C2 = 33nF
C3 = 300nF/400V
R = 2k2
Q = 2N3055
T = Trafo CT
Cukup simple kan skemanya. Untuk masalah lampu kita bisa menggunakan bekas lampu hemat energi yang masih bagus lampunya dengan daya 5 - 10 Watt atau bisa menggunakan lampu TL yang banyak dijual dipasaran. Harganya pun paling sekitar lima ribuan, Meskipun simple tapi mampu menghidupkan lampu jenis TL.

Jika dalam proses perakitan ada kegagalan bukan tanggung jawab kami ya, tapi saya doakan mudah-mudahan berhasil, yang penting tetap semangat dan pantang menyerah. mungkin sampai disini dulu baca juga Skema rangkaian Cas HP di Motor/ Mobil

Berlangganan update terbaru secara gratis:

8 Komentar Untuk "Skema Rangkaian Lampu TL dengan Baterai 12V"

  1. Terima kasih atas infonya

    Sy ingin mencoba tapi sy tidak tahu sama sekali, mungkin bisa dibantu minta tlg nmor hp ms put..mksh

    ReplyDelete
  2. Mantap Mas, saya juga teknisi pemula yg lg belajar buat inovasi baru.
    kembangkan Mas, aq support karyamu

    ReplyDelete
  3. Mas Kalo Trafo Nya 2A Gpp Atau Yang Bagus Yang 1,2 Atau 3 Mohon Pencerahan Nya

    ReplyDelete
  4. 2 Ampere bisa koq mas silahkan dicoba. saya kemarin cuma pakai 1 A

    ReplyDelete
  5. untuk c 300nf bsa d gnti yg lain gak?

    ReplyDelete
  6. Bisa yang mendekati nilai tersebut

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.