Rangkaian Lampu Jalan Otomatis - Sensor Cahaya

Kadangkala saat pagi hari kita lupa mematikan lampu dijalan. Hal ini tentu akan membuat boros pemakaian daya listrik. Oleh sebab itu kali ini akan share mengenai Skema Rangkaian Lampu jalan otomatis yang menggunakan sensor cahaya ( LDR ). sebenarnya rangkaian ini berfungsi sebagai saklar (switch ) saja. Sehingga saat malam hari atau dalam gelap saklar berada pada posisi ON. Kemudian disaat siang saklar dalam posisi OFF. Dengan memanfaatkan relay sebagai saklar dan LDR sebagai sensornya.

Rangkaian ini saya dapat sebelumnya dari homemade-circuits yang digambar ulang,  Berikut ini adalah skema rangkaian sensor cahaya
Komponen yang dibutuhkan
  • R1, R2, R3 = 2K2,
  • VR1 = 10K preset,
  • C1 = 100uF/25V,
  • C2 = 10uF/25V,
  • D1- D6 = 1N4007
  • TR1, TR2 = BC547,
  • Relay = 12 volt, 400 Ohm
  • LDR = 10K - 47K
  • Trafo = 0-12V, 200mA
Meski terlihat sederhana namun rangkaian ini bisa bekerja sebagaimana mestinya. Artinya saat tidak ada cahaya maka lampu akan hidup, begitu sebaliknya. Makanya sangat cocok untuk diterapkan sebagai lampu jalan. Apalagi yang suka malas mematikan atau menghidupkan lampu, jadinya pas banget deh. Selamat mencoba dan jangan lupa baca juga Rangkaian Anti Nyamuk sederhana IC 555

Berlangganan update terbaru secara gratis:

15 Komentar Untuk "Rangkaian Lampu Jalan Otomatis - Sensor Cahaya"

  1. Gan ,itu rangkaian sensornya pakai arus AC atau DC? Pake tegangan berapa gan? Saya mau nyoba nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ke trafo menggunakan arus AC.... Rangkaiannnya kan pake Adaptor tegangan 12 V DC itu mas Fariz. dan sistem kerjanya menggunakan relay. LDR akan berfungsi sebagai switch dan mengalirkan arus ke relay jika malam hari, Kemudian saat LDR terkena cahaya Relay tidak dialiri arus sehingga lampu dalam posisi off.

      Delete
  2. RL di dalam rangkaian itu fungsinyabuat apa ya gan?

    ReplyDelete
  3. gan..di dalam skema adaa komponen dioda zener, yg brapa volt dioda zener nya ya..??koq ga di tulis di dlm daftar komponen..??

    ReplyDelete
  4. Sore kang MAS PUTZ mantep ilmunya tp sy perhatiin Diode diskema hnya ada 5buah tp di daftar komponen kog di tulis D1-D6 apa sy yg kurang teliti baca skema ato salah tulis? Makasih Om sukses slalu

    ReplyDelete
  5. Oh iya makasih koreksinya, nanti akan diupdate, itu D1 - D5

    ReplyDelete
  6. Mas, klw blh tw tipe/merk relaynya ap? Trus kira" harganya brp? Mksh, ditunggu jwbnnya...

    ReplyDelete
  7. Beli aja relay 12 VDC , harga skitar 10rbuan ditempat saya.

    ReplyDelete
  8. Gan itu kapasitornya pke yg jenis apa ya? Yg lambang bgitu artinya yg ga ada polaritasnya ya?
    Kalau mw pake yg jenis kapasitor elektrolit bisa ga ya?

    ReplyDelete
  9. oh itu pake elco gan, yang negatif bawah atau yang terhubung kaki emitor Transistor

    ReplyDelete
  10. bos itu untuk kapasitas maximal beraba buah lampu/watt, misal untuk di pakai lampu penerangan jalan yg mengunakan lampu lebih dari 20 biji, @25 watt bisa apa masih merubah skema lagi.


    makasih

    ReplyDelete
  11. Karena menggunakan relay tegangan dari trafo 12V jadi bisa saja, silahkan dicoba.

    ReplyDelete
  12. bikin pcb sama kit komponennya mas, nanti kita beli.. buat blajar rakit sendiri, males nyari komponennya ke toko kadang kurang ini itu jadi mangkrak projeknya.

    kabarin ya kalo ada

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.