Memanfaatkan Rangkaian Lampu Hemat Energy untuk Lampu TL

Pada lampu hemat energy didalamnya ada sebuah rangkaian untuk mensupplay arus pada lampu jari. Namun bagaimana jika neonnya sudah mati atau putus, apakah masih bisa diperbaiki? Untuk menjawab pertanyaan tersebut berikut ini akan masputz.com share mengenai cara mengganti lampu neon elektrik yang sudah putus dengan lampu TL atau Fluorescent Lamp.

Lampu TL pada umumnya menggunakan trafo ballas (kalau orang bilang) dan starter, hal ini tentu berbeda dengan lampu hemat energy model jari, karena didalamnya menggunakan sebuah rangkaian pengganti trafo ballas. Meski begitu penyambungan pin pada kakinya tidak jauh berbeda perhatian gambar berikut:

Pada gambar tersebut dapat kita lihat bahwa penyambungan lampu hemat energy dan lampu TL tidak jauh berbeda, pada lampu hemat energy Starter diganti dengan sebuah capasitor milar. sedangkan trafo diganti dengan rangkaian. Dengan begitu jika lampu jari sudah putus kita bisa menggantinya dengan lampu TL yang banyak dijual dipasaran.

Untuk mengecek lampu yang sudah putus bisa dengan menggunakan multimeter, atau dengan dihubungkan ke accu sepeda motor. Caranya seperti gambar dibawah ini.
Jika menggunakan accu, cukup dengan menghubungkan kedua pin pada ujung lampu hemat energy ke tegangan accu (bolak balik tidak masalah). Sedangkan kalau menggunakan Multimeter cukup dengan mengarahkan selektor ke ohm meter, kemudian tempelkan kedua ujung pin dengan kabel merah dan hitam (boleh juga dibalik). Lampu neon bisa dibilang bagus apabila bisa menyala merah saat dihubungkan dengan aki, dan jarum bisa bergerak ke kanan jika menggunakan multimeter.

Setelah kita mengetahui cara mengecek lampu yang putus atau masih bagus, selanjutnya adalah cara menyambungkan rangkaian ke Lampu TL. berikut gambarnya
 Kedua ujung kaki lampu TL dihubungkan ke rangkaian dengan menggunakan kabel
Gambar Lampu TL tampak dari depan

Seperti kita dapat lihat pada gambar skema diawal bahwa penyambungan lampu TL dan lampu jari tidak jauh berbeda, jadi kita tinggal menghubungkannya sesuai seperti pada skema di awal tadi. Nah sampai disini dulu, kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga bermanfaat. Baca juga Cara memperbaiki lampu hemat energy model jari

Berlangganan update terbaru secara gratis:

1 Komentar Untuk "Memanfaatkan Rangkaian Lampu Hemat Energy untuk Lampu TL"

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.