Cara Mengukur tegangan Listrik AC rumah

Seperti kita tahu tegangan listrik dirumah adalah termasuk jenis bolak balik atau AC (Alternating Current). Tegangan pada PLN umumnya adalah 220 Volt, Namun kadang kala saat diukur tegangan belum tentu sesuai dengan kenyataannya. Entah itu dibawahnya atau justru melebihi nilai aslinya. Untuk lebih jelasnya tentu harus kita ukur terlebih dahulu dengan Multimeter/ Avometer. Makanya jangan heran jika kita menyalakan kulkas atau magic com ternyata air tidak cepat beku atau nasi tidak cepat masak. Hal ini mungkin saja dikarenakan tegangan yang kurang pada arus PLN dirumah kita.

Berikut ini adalah ilustrasi gambar pengukuran tegangan AC PLN dirumah.

Langkah pengukuran tegangan listrik dengan Multimeter

  1. Persiapkan alat ukur seperti multimeter/ Multitester atau Avometer
  2. Arahkan saklar selector menunjukkan  250 VAC atau 1000 Volt. Hal ini karena tegangan yang kita perkirakan tidak melebihi 250 maka kita bisa memakai x250 saja.
  3. Selanjutnya tempelkan pencolok merah atau bahasa kerennya Probe red ke salah satu lubang cabang listrik dirumah.
  4. Selanjutnya pencolok hitam tempelkan ke lubang satunya. Biasanya disebut fuse dan ground.
  5. Perhatikan arah jarum multimeter menunjuk kearah berapa?. Lihat nilai 0 - 250 ya.
  6. Karena selektor diarahkan ke 250 maka nilai yang ditunjuk adalah tegangan listrik dirumah. Jika kita mengarahkan saklar selektor ke 1000, maka cara menghitungnya adalah: 1000 dibagi skala maksimum (250) dikali dengan nilai yang ditujuk.
Bagaimana menurut anda, ternyata sangat mudah bukan untuk mengukur tegangan listrik dirumah. Yang penting jangan sampai salah mengarahkan saklar selector saat melakukan pengukuran. Sebab akan berakibat fatal dan rusaknya multimeter. Semoga bisa bermanfaat, jangan lupa lihat juga cara mengukur tegangan pada baterai dengan mudah

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Mengukur tegangan Listrik AC rumah"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.