Cara Tracking Satelit Asiasat 5 C band

Satelit Asiasat 5 berada pada 100,5 BT oleh sebab itu untuk mendapatkan sinyal dari satelit ini parabola menghadap keatas agak sedikit kebarat. Namun jika anda menggunakan 4 (empat) buah Lnb C band maka LNB biasanya di letakkan disebelah timur sendiri, itulah mengapa dish akan menghadap sedikit ketimur, karena LNB untuk menangkap satelit asiasat 5 tidak berada pada titik fokus. Jadi Jika anda menggunakan satu buah LNB saja maka dish mengahadap ke atas sedikit ke barat.

Cara Lock Satelit Asiasat 5
Untuk menangkap sinyal satelit ini langkah-langkahnya adalah:
  • Pastikan semua perangkat yang digunakan dalam kondisi masih baik
  • Hidupkan TV dan Receiver
  • Selanjutnya adalah mengubah pengaturan antena, pilih satelit asiasat 5, jika belum ada sebaiknya tambahkan satelit baru.
  • Tambahkan transponder baru
  • Masukkan Frekwensi terkuat asiasat 5 Frekwensi = 3660, Polaritas = V, Transponder = 27500 atau lihat selengkapnya pada Frekwensi terkuat Satelit C band
  • Setelah pengaturan pada receiver selanjutnya adalah melakukan tracking
  • Arahkan antena parabola menghadap tepat keatas.
  • Kemudian geser sedikit saja ke barat sambil melihat kualitas sinyal yang didapat.
  • Jika sudah mendapat sinyal maksimum selanjutnya adalah scan otomatis di receiver digital
Untuk tracking satelit ini sangatlah mudah sebenarnya, karena rata-rata signalnya cukup kuat, oleh sebab itu biasanya satelit ini digabungkan dengan satelit Palapa, telkom dan Asiasat 3/7. Karena posisi derajat satelit yang sedikit berdekatan. 

Asiasat 5 C band banyak diisi siaran channel dari timur tengah, misalnya Dubai TV, Dubai Sport, Aljazeera, Syiria TV, Oman TV dan lainnya. Namun ada 3 channel Sport yang sering diburu oleh para tracking mania, yakni Bein Sport HK 1,2 dan 3, karena channel ini menyiarkan liga Itali, Perancis dan Piala FA. Channel tersebut menggunakan format MPEG4 HD, jadi jika receiver anda masih Mpeg2 atau 4 saja tidak akan mungkin bisa mendapatkannya. Setelah mendapatkan ch tersebutpun anda harus memasukkan bisskey, karena channel tersebut di acak dengan bisskey.

Mungkin itu saja sedikit hal yang bisa saya tuliskan, mengenai tracking antena parabola kali ini, mungkin dilain waktu akan dibahas lagi mengenai tracking signal parabola lainnya. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bisa bermanfaat.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

9 Komentar Untuk "Cara Tracking Satelit Asiasat 5 C band"

  1. Maaf min...klo pke dish kecil seprti telkomvision bisa gak asiasat5 di lock,,?untk DKI.mksh

    ReplyDelete
  2. Frekuensi bein sport HK 1.2.3 nya berapa gan

    ReplyDelete
  3. Skarang dah gak ada channel tersebut di asiasat 5

    ReplyDelete
  4. Kalo eks dish indov bisa gak mas lock asiasat5 c band ?

    ReplyDelete
  5. Bisa tapi harus pasang scalar ring di LNB c bandnya. Untuk hasilnya memang kurang maksimal jika pakai jenis offset

    ReplyDelete
  6. Kalo pake 2 LNB gmana mas LNB satu ke measat3 trus LNB satu nya ke asiasat5 posisi dish nya gmana

    ReplyDelete
  7. Klo yang fokus measat 3 berarti lnb untuk asiasat 5 berada di sebelah baratnya, kalau asia5 berada di fokus berarti measat 3 berada disebelah timurnya. jarak tergantung diameter dish yang digunakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake dish 7'5 feet mas..berarti g perlu rubah arah dish ya mas..trimakasih mas..

      Delete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.