Cara Mengecek Transistor NPN/ PNP dengan Multimeter

Mengukur transistor yang masih baik atau tidak sebenarnya sangat mudah, karena pada dasarnya transistor merupakan salah satu komponen elektronika semikonduktor yang mempunyai tiga kaki (terminal) yaitu Basis (B), Colector (C) dan Emitor (E). Transistor memiliki banyak fungsi diantaranya adalah sebagai penguat, sebagai saklar (switch), penyetabil tegangan, modulasi signal. Jadi sebelum kita mengecek transistor anda harus tahu terlebih dahulu mengenai TR yang akan diukur.

Pada gambar diatas dapat kita lihat simbol transistor, bedanya hanya pada arah panah masuk atau keluar saja. Jadi pada saat mengukur sebaiknya anda mengetahui jenis transistor yang diukur, apakah NPN atau PNP?. Tapi jika belum tahu berikut cara mengeceknya,
Mengukur Transistor NPN
Arahkan selector multimeter pada Ohm meter, kemudian tempelkan ujung pencolok merah multimeter ke kaki basis transistor, kemudian tempelkan pencolok hitam pada kaki emitor, maka jarum harus tidak bergerak, jika bergerak berarti bukan TR NPN. Kemudian kita balik pencolok hitam ditempelkan ke kaki basis transistor kemudian pencolok merah ke kaki emitor atau kolektor, maka jarum harus bergerak kekanan.

Mengukur Transistor PNP
Sama seperti diatas selector multimeter diarahkan ke ohm meter, selanjutnya tempelkan pencolok merah ke kaki basis, kemudian pencolok hitam kekaki emitor atau colector, maka jarum harus bergerak kekanan. Selanjutnya Tempelkan ujung pencolok hitam kekaki basis transistor, dan pencolok merah kekaki colector atau emitor, maka jarum harus tidak bergerak.

Jika kita sudah mengetahui jenis transistor PNP atau NPN, selanjutnya kita coba cara mengecek Transistor rusak atau tidak, masih hidup atau sudah mati. caranya cukup mudah, minimal anda sudah mempunyai multimeter atau ohm meter saja sudah cukup untuk mengeceknya.

gbr dari wikipedia
Cara mengecek Transistor NPN
  • Jika kaki basis ditempel pencolok merah dan kaki emitor ditempel pencolok hitam maka wajib tidak bergerak, jika bergerak berarti transistor sudah mati atau rusak. 
  • Begitu juga dengan kaki Colector. Kemudian tempelkan pencolok merah ke kaki colector dan pencolok hitam ke kaki emitor. maka jarum harus tidak bergerak, jika bergerak berarti transistor sudah pasti rusak.
  • Selanjutnya kita balik yaitu pencolok hitam kita tempel ke kaki basis, sedang yang lainnya ke pencolok merah, maka jarum harus bergerak, jika tidak berarti sudah rusak atau mati.
Cara Mengecek Transistor PNP
  • Jika kaki basis ditempel pencolok hitam kemudian kaki colektor ditempel pencolok merah jarum multimeter harus diam, jika bergerak berarti rusak, 
  • Begitu juga dengan jika pencolok merah jika ditempel ke kaki emitor. Selanjutnya tempelkan kaki colector ke pencolok merah dan pencolok hitam ke kaki emitor, maka jarum juga tidak boleh bergerak. 
  • Kemudian kita tempel pencolok merah ke kaki Basis dan pencolok hitam ke kaki colector, aka jarum wajib bergerak, jika tidak tandanya TR sudah putus. begitu juga dengan kaki emitor.
Jadi kesimpulannya jika ingin mengetahui Rusak tidaknya transistor yang penting kita tahu terlebih dahulu jenis NPN atau PNP, jika sudah mengetahui jenisnya, selanjutnya tinggal kita cek, kalau tidak sesuai dengan keadaan seharusnya seperti pada poin mengukur Transistor, berarti bisa dibilang rusak. Jenis - jenis Transistor ini biasanya digunakan pada perangkat Audio atau sebagai penguat. lain halnya dengan jenis Transistor berdasarkan fungsi lainnya, seperti Transistor Horizontal TV, Regulator, atau jenis mosfet, maka cara pengukurannya tentu akan berbeda, mungkin lain waktu akan dibuat postingnya.


Berlangganan update terbaru secara gratis:

7 Komentar Untuk "Cara Mengecek Transistor NPN/ PNP dengan Multimeter"

  1. Gan mau nanya apkah tr final yang di cek itu harus di lepas terlebih dahulu dr rngkaian ato bisa di cek saat msih menemlel pd rngkaian?

    ReplyDelete
  2. Ya gan, untuk pengukuran yang akurat harus seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti tr final harus dilepas ya gan?

      Delete
    2. kamalh. Lam keanl Mas PUTZ. Saya mau nanya, Dalam sebuah rangkain Audio terdapat beberapa rangkaian transistor, kalau tdk salah tiap type trans, punya ukuran ukuran yang berbeda, shg mencapai titik kerja. Jika tidak maka rangkain tidak jalan atau cacat dsb. Pertanyaannya mengukur titik kerja transistor tsb. pada rangkaian, sehingga rangkaian audio tsb. bisa bekerja secara maksimal (100%).trimakasih. Punten agak panjang maklum pemula

      Delete
  3. wah maaf kalau itu saya belum familiar gan, karena saya juga masih pemula.

    ReplyDelete
  4. Kalau transistor yg biasa dpekek radio control fs gt2 type ap gan dan merk dan spek hrus gmn....yg bagus dan matap

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.