Cara Memperbaiki Antena TV Parabola yang Baling

Antena Parabola yang sudah tidak presisi (fokus) tentu akan sangat berpengaruh terhadap kualitas signal yang diterima oleh receiver digital. Apalagi satelit yang hendak di tangkap, signalnya sangat lemah. Maka akan sangat sulit bahkan tidak mungkin bisa di lock. Oleh sebab itu perlu kita perbaiki agar penerimaan sinyal menjadi lebih sempurna. Namun sebelum memperbaiki antena parabola tersebut alangkah baiknya di cek juga kondisi antena, apakah masih layak atau tidak untuk diperbaiki, sebab juga sudah sangat parah misalnya bolong, atau banyak yang patah, tentu akan sulit memperbaikinya kembali. Jadi menangani parabola yang baling bisa dibilang gampang-gampang susah. Apalagi jenis parabola solid, maka Anda bisa dikatakan hebat jika bisa memperbaikinya.

Cara Memperbaiki Antena TV Parabola yang Baling

Penyebab Antena Parabola Baling
Kebanyakan orang awam jika sinyal mulai hilang cara memperbaikinya hanya dengan memberikan beban berat diatas parabola mesh atau solid, misalnya dengan di taruh batu atau besi. Bahkan ada juga yang memberikan tiang penyangga dibawah antena parabola agar sedikit naik. Apakah anda juga melakukan hal tersebut, jika ya maka sebaiknya segera dihindari, karena justru akan membuat antena parabola menjadi baling atau tidak berbentuk parabolic, itulah mengapa saat mencari signal akan kesulitan, sebab antena parabola sudah tidak presisi lagi. Selain hal diatas banyak sekali penyebabnya, misalnya karena terjatuh, tertimpa benda berat, atau karena usia.

menyangga parabola
Cara Menangani Parabola Baling
Jika anda mengalami hal tersebut, sebaiknya segera bongkar saja parabolanya, kemudian kita ukur diameter antena pada tiap rusuknya, sehingga kita bisa tahu bagian manakah yang melengkung (bengkok) atau Mbaling. Untuk memperbaikinya berikut langkah-langkahnya:
  • Jika Rusuk parabola jaring yang melengkung, sebaiknya antena di bongkar dan dirapikan perbagian. Namun jika ingin cepat ya taruh parabola diatas lantai yang datar dan dibalik, sambil dikendorkan bautnya. lalu di sesuaikan lengkungan tulang parabola agar menjadi parabolic.
  • Lalu kalau banyak lubang di bagian jaring sebaiknya carikan bekas jaring parabola yang sudah tidak terpakai, kalau tidak ada bisa juga menggunakan jaring besi (biasanya untuk mengayak pasir). Tambal jaring yang bocor tadi, jika ingin hasil yang lebih bagus gunakan alumunium foil. Setelah semua dilaksanakan tinggal kita ukur diameter masing-masing rusuk dengan menggunakan kawat agar sama. 
  • Selanjutnya agar lebih bagus gunakan rumus seperti dibawah ini untuk menentukan titik fokus parabola:
    • f = fokus
    • D = Diameter
    • t = tinggi
Mengenai penanganan tersebut sebenarnya bukanlah cara baku, tapi hanya sekedar pengalaman, jika ada yang punya cara lain silahkan berkomentar. Sebagai tambahan sebaiknya jika sudah terlalu parah beli saja yang baru, hehe.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

4 Komentar Untuk "Cara Memperbaiki Antena TV Parabola yang Baling"

  1. om saya mau tanya nih,
    kalo dish yang dipake untuk ATM itu brp feet ya?
    itu yang jenis LNB nya vsat bukan ya?
    kalo diganti ke lnb ku band offset bisa nangkep satelit ga ya?
    makasih

    ReplyDelete
  2. Yang diatas itu 6 feet solid, pake lnb biasa, kalo di ganti LNB ku band harus pakai yang jenis prime fokus, kalo kuband Offset perlu dimodif dulu untuk mendapt signal maksimal.

    ReplyDelete
  3. om saya mau tanya tentang dish prime focus.
    misalkan ada dish solid 6ft, dipasang lnb ku band atau s band dengan posisi offset dgn bikin dudukan sendiri.
    itu bisa nangkep sinyal ga?
    makasih

    ReplyDelete
  4. Bisa juga tapi hasil kurang maksimal, untuk memaksimalkan perlu dimodif dulu lnbnya. Tapi silahkan dicoba semoga berhasil.

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.