Cara memasang Lampu LED di Sepeda Motor

Lampu LED (Light Emitting Diode) menjadi trend dimasa kini, baik untuk hiasan, penanda sesuatu, Lampu penerangan, emergency dan sebagainya. Nah pada kesempatan kali ini masputz.com akan berbagi trik buat pemula, yang belum pernah memasang lampu LED ini pada sepeda motor. Karena pada dasarnya jika anda memasangnya langsung dapat dipastikan Led akan terbakar atau putus, oleh sebab itu butuh penahan agar arus yang mengalir ke lampu tidak terlalu tinggi. Sebenarnya cara ini sangat sederhana sekali, karena cukup dengan memasang sebuah resistor saja lampu LED sudah bisa dibilang aman. dari tegangan 12 VDC sepeda motor.

Bahan pemasangan
  • Lampu LED
  • Resistor 560 ohm atau 1K ohm
  • Capasitor milar 1n
  • kabel
Cara memasang
Setelah bahan disiapkan tinggal saatnya perakitan, Perhatikan skema berikut
Pada gambar tersebut dapat kita perhatikan, bahwa rangkaian ini sangatlah sederhana namun bisa menahan arus agar tidak over atau melebihi tegangan maksimum lampu LED yang akan dipasang, jika ingin memasang led banyak, anda tinggal mempararalelnya saja. Mudah bukan?

Mengenai letak pemasangan itu terserah anda mau dipasang dimana yang jelas resistor sebagai penahan wajib ada, dan lampu LED masih dalam keadaan masih baik, untuk mengeceknya anda bisa baca postingan sebelumnya mengenai cara mengetahui dioda rusak. karena sebenarnya LED adalah salah satu jenis dioda yang dapat memancarkan cahaya. jadi pengukurannya juga sama dengan dioda. Semoga berhasil. terima kasih sudah berkunjung dimari.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara memasang Lampu LED di Sepeda Motor"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.