Cara lock Satelit Palapa dan Telkom dengan Twin LNB

Bagi anda yang mungkin jauh dari pemancar UHF sudah dapat dipastikan jika ingin menonton televisi pasti menggunakan antena parabola. untuk itu bagi yang masih awam bahkan belum mengenal yang namanya Antena parabola, akan bingung dengan posting ini. Seperti judul yang sudah saya buat yaitu Cara me lock Satelit Palapa dan Telkom dengan menggunakan Twin LNB atau dua buah LNB, kedua satelit tersebut berada di 113 derajat dan 108 derajat jadi arah disk menghadap keatas sedikit condong ketimur. Nah sebelum melakukan tracking kita harus persiapkan terlebih dahulu perlatan tempurnya seperti kunci pas, obeng, lakban, tang dan sebagainya. Selanjutnya bagi anda yang masih baru mengenal dunia parabola berikut tahap-tahapnya.

Cara Tracking Satelit Palapa dan Telkom 

Lock Palapa dan Telkom
  • pertama : Anda harus dapat memastikan bahwa peralatan dalam kondisi yang masih baik seperti LNB, TV, Receiver Digital, Kabel dan lainnya.
  • Kedua : Pasang LNB pada bracket atau kedudukannya, dengan ketentuan LNB mengarah ke timur /barat, mengenai kedalaman LNB menurut saya tidak begitu banyak berpengaruh, kan nanti bisa diturunkan atau dinaikkan tiang penyangganya, sedangkan untuk jaraknya inilah yang wajib diperhatikan, sebab jika jarak kurang pas maka yang terjadi adalah salah satu Satelit tidak bisa terlock secara maksimal, bahkan tidak sama sekali. 
  • Ketiga : jarak Antara LNB harus disesuaikan dengan Diameter Parabola, biasanya di Bungkus LNB sudah diberikan contoh pemasangannya. misal untuk 6 feet LNB didempetkan, sedang untuk 10-12 feet LNB di jarakkan sampai mentok, kalo 8 feet berarti agak ketengah bracket, begitu kira-kira.
  • Keempat : Jika semua perangkat sudah terpasang dengan baik selanjutnya adalah hidupkan Receiver dan Televisi..
  • Kelima : Arahkan parabola menghadap keatas tepat dengan LNB mengarah ke timur /barat.
  • Keenam : Atur pengaturan Antena di receiver dengan ketentuan, Jika LNB fokus untuk melock palapa berarti LNB satunya berada disebelah timur (sat telkom) namun jika LNB Fokus adalah Sat Telkom berarti LNB satunya berada disebelah barat (sat Palapa)
  • Ketujuh : Selanjutnya mengenai pengaturan antenanya, pilih C band 5150 dengan 22K off (untuk LNB yang ada switchnya) 22k ON untuk yang satunya. Apa perbedaannya! kenapa harus off atau on, sebenarnya itu adalah saklar untuk memilih salah satu LNB, karena biasanya twin LNB menggunakan switch 22k yang sudah tertanam didalamnya. jadi jika LNB untuk palapa yang menggunakan doubel conektor berarti pengaturan 22k nya adalah off, begitu sebaliknya.
  • Kedelapan : Masukkan Frekwensi terkuatnya, misalnya MNCTV 4184 V 6700untuk daftar frekwensi selengkapnya  di daftar frekwensi satelit palapa d 113
  • Kesembilan : Lihat Info Sinyal sambil digeser ketimur pelan-pelan, hingga mendapatkan sinyal terkuat. selanjutnya scan otomatis, dan perhatikan channel manakah yang mendapat signal paling lemah. disitulah anda harus mengeluarkan segala kemampuan untuk menjadi seorang tracking sejati. hehe
  • Terakhir : Jika masih ada kendala dan belum berhasil coba anda baca update terbaru saya tentang cara mengatasi masalah dalam menggunakan Twin LNB
Terimakasih sudah berkunjung, semoga membantu.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

52 Komentar Untuk "Cara lock Satelit Palapa dan Telkom dengan Twin LNB"

  1. Met pagi pak mas mutz,numpang tanya,posisi saya di kaledonia baru tepatnya di 22°S dan 166°E dan saya baru pasang dish mesh 7.5 feet,sementara ini palapa dah ok tapi telkom1 nya sinyalnya tidak tetap nongol hilang,nongol hilang.minta sarannya kira kira apa problemnya di mana dan apa yang perlu saya lakukan.terima kasih sebelumnya salam.

    ReplyDelete
  2. Mohon maaf sebelumnya karena saya belum pernah memasang di new caledonia. Tapi saran saya sebaiknya coba di cek titik fokus LNB, arah LNB dan jarak antar LNB. Untuk titik fokus coba naik turunkan penyangga LNB. Sedangkan untuk jarak LNB telkom biasanya berada di tengah bracket (tidak sampai mentok memasangnya) untuk 7,5 feet.

    ReplyDelete
  3. Met malam Pak Mas putz,terima kasih atas saran pak mas putz tiangnya dah saya naik turunkan,tapi sama saja sinyale tetep nongal hilang,receivernya pake tanaka HD,terus setingnya lnb 1 untuk palapa(focus) di diseqc1 dan lnb 2 untuk telkom1 di diseqc2 sebelah timurnya .yang buat saya bingung meski di coba langsung tanpa lewat diseqc sinyale juga nongol hilang.kalo pak mas putz ada saran lagi saya tunggu dengan senang hati.thanks

    ReplyDelete
  4. Pastikan tidak ada pohon/ bangunan yang menghalangi ya Pak. Selanjutnya apakah untuk lock satelit lain juga hilang timbul, jika tidak kmungkinan signal palapa disana lemah.. Untuk sinyal lemah tentu harus pakai dish yg lbih bsar.

    ReplyDelete
  5. Iya mungkin Pak masputz,tapi menurut beam dan detail footprint nya minim dishnya 190 cm,sedangkan punya saya 210cm.https://www.satbeams.com/footprints?beam=5270.ok lah pak masputz.kapan-kapan tak coba'e lagi sapa ngerti bisa?kebanyakan blog anda bagus .thanks .regards

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimkasih Pak, karena saya belum pernah kesana, jadi tidak mungkin cuma berangan-angan saja. Semoga berhasil Pak

      Delete
    2. Permisa gan,maap ni mau nanya
      Parabola Pny q pk 2 lnb.tp pas d program Ko yg kbaca ny cuma itu2 aja siaran tv ny.pdhl satelit ny udh d gnt2...mhn pencrah ny gan.trm ksh

      Delete
    3. Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi hal tersebut diantaranya adalah:
      Pengaturan LNB di Receiver kurang tepat
      Salah satu LNB rusak
      Switch didalam LNB Rusak (khusus twin LNB)
      Jarak antar LNB kurang tepat
      Receiver bermasalah.

      Sekarang coba dicek dimana kesalahannya. Mulai dari settingan LNB di receiver ya Pak. Untuk receiver coba dipasang di tempat tetangga aja dulu apakah masih sama hasilnya.

      Delete
  6. selamat pagi mas putz, saya ada kendala dengan pengaturan lnb, sebelumnya saya memakai 4 lnb, hari minggu kemarin saya mau menjadikan 2 lnb dan mengganti switch yang 4 kaki dengan 2 kaki, ternyata palapa dan telkom tidak bisa pas, kalau palapa dapat sinyal telkom tidak begitu juga sebaliknya, bagaimana solusinya mas putz? terima kasig sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Switch nya diseqc atau 22K, Jika diseqc maka pengaturan LNB aktifkan diseqc 1.0 dan pilih LNB 1 dan LNB 2, Namun jika Switch 22K pilih ON dan OFF untuk masing 2 LNB, Selanjutnya pastikan jarak LNB dan arahnya sudah benar, semoga berhasil

      Delete
  7. mas,sy tadinya pakai rx matrix strwberry (remot udh rusak) trus ada petir gede,ganti lnb 1 set (2 bh) 2 minggu jalan,trus mati lagi,kdg2 hdp kdg2 mati (tutup lnb udh dbuang ama tk servis) trus sy ganti matrix burger...trnya sama aja ndak ada yg ketangkep satupun,ditekan tombol menu atau info di remot burger tetep juga blank, AV doang yg tertulis di tv..kira2 apa ya yg kena ya,apa rxnya,lnbnya,apa tv nya..?Payungnya ndak dikutik2 krn tinggi..tolong donk.gimana langkah2nya spy bisa lagi (sy mau bljar servis parabola nih)

    ReplyDelete
  8. Wah kalau itu banyak kemungkinannya gan, bisa jadi cuma kabel AV putus, LNB rusak, Receiver rusak, kabel antena konslet, TV AV bermasalah. Untuk langkah pertama pastikan dulu kalau kondisi TV, Receiver, Kabel AV tidak ada masalah, selanjutnya cek LNB dan kabel. Caranya sudah pernah saya posting, silahkan di search di kolom pencarian atas.

    ReplyDelete
  9. Met malam gan. Gimana caranya agar siaran palapa dapat. Trus siaran telkom juga dapat. Saya gak tau gan, punya ku kalo sudah di cari siaran palapa , maka yang telkomsel hilang.dan sebaliknya? Gimana agar dua dua nya dapat? Terima kasih.maaf .ceritanya berbelit.

    ReplyDelete
  10. Pertama , pastikan settingan ON / OFF untuk palapa dan telkom (biasanya palapa 22K = OFF) selanjutnya jarak antar LNB harus sesuai, kemudian arah parabola jika masih sama kemungkinan switch 22K dalam LNB rusak.

    ReplyDelete
  11. Sebelumnya siaran telkom dan palapa bisa ditonton langsung, tinggal geser atas-bawah semua siaran gak ada masalah.
    tiba-tiba ponakan iseng utak-atik program, akhirnya saat nonton cuma bisa nonton dari 1 satelit saja misalnya telkom ya telkom az, begitupun sebaliknya.
    jadi ribet harus masuk menu receivier,ganti saluran satelit.

    untuk lnb palapa settingannya
    frekuensi LNB 5150mhz
    daya lnb 13/18v
    22k off
    diseqc 1.0 port 1

    untuk lnb telkom settingannya
    frekuensi lnb 5150mhz
    daya lnb 13/18v
    22k aktif
    diseqc 1.o port 2

    jadi keduanya sudah saya scan otomatis dimulai dari palapa kemudian telkom 1.
    sudah saya scan otomatis tapi tetap saja siaran yang bisa ditonton cuma dari 1 satelit az.
    untuk nonton siaran satelit lain, harus masuk menu BUAT SALURAN dan pilih satelit lainnya dan cari.

    yang jadi pertanyaan saya, untuk menggabungkan kedua siaran satelit bersamaan gimana ya?
    terima kasih.

    ReplyDelete
  12. Coba baca postingan saya di cara setting receiver parabola

    ReplyDelete
  13. mas pingin nanya.....awalnya resivernya g ada kendala...tiba2 saya lihatin sebagian siarannya hilang..apa itu si adik yang otak atik atau gimana...soalnya dia g ngaku..dan saya mengambil solusi untuk mencari secara otamatis siaran palapa dan telkom...dan berhasil...tetapi ada sedikit kendala.apabila sementara sementara menoton siaran dari palapa dan pingin menganti ke telkom..harus secara manual mengganti pengaturan dengan masuk ke menu dan mengganti k22 menjadi aktif...dan menjadi pertanyaan seandainya pingin mengabungkan dan tidak usah menganti pengaturan k22nya harus gimana ya mas..mohon percerahannya...

    ReplyDelete
  14. coba set siaran di "semua satelit"/ "All Satellite" Terus 22K Off. diseqc LNB 1 untuk palapa dan 22K = ON, disecq = ON untuk telkom.

    ReplyDelete
  15. Malam mas,
    Mau nanya saya baru aja ganti LNB (matrix) sedangkan dish msh yg lama (matrix jg) tp sy krg tau brp feet. Tp lumayan besar ada sekitar 1.5 meter diameternya.
    Utk palapa dan telkom semua ada sinyal dan kualitas bagus (palapa sekitar 50% telkom 30%an). Posisi sy di timika.
    Yg mau saya tanya, channel luar negri kok g ada yg muncul (discovery channel, FOX, HBO dll) pdhl kartu sdh sy daftarkan utk berlangganan. Fyi sy pake k.v*si*n.
    Mohon pencerahannya. Trmkzh

    ReplyDelete
  16. Kalau masalah tersbut, sbaiknya agan hubungi pihak brsangkutan karna itu trmasuk payTV

    ReplyDelete
  17. Mau tanya mas bro..
    Saya pake 4 lnb twin utk 2 receiver. Semua receiver jg normal.
    Utk receiver di tv 1 semua satelit lancar tp yg di receiver 2 tdk bs nangkap sat telkom padahal jika receiver tsb sy pindah ke tv 1 semua tdk ada mslh.
    Utk setingan di receiver tv 2 sbb:
    Palapa diseq 1 port 1 22khz on.
    Telkom diseq 1 port 2 22khz off.
    Asiasat 5 diseq 1 port 3 22khz off.
    Asiasat 5 diseq 1 port 4 22khz off.
    Kira2 permasalahannya dmn mas?

    ReplyDelete
  18. Itu karena adanya multi switch di LNB 4, jadi kalau ingin bisa nonton sat telkom di TV 2, maka TV 1 pindahin channelnya ke sat telkom. Begitu juga pada polaritasnya, jika TV 1 Horizontal TV2 yang bisa ditonton cuma pol Horizontal juga, vertikal tidak aktif. itu kelemahan menggabungkan LNB dengan banyak receiver.

    ReplyDelete
  19. Wah jd tambah bingung saya, maklum pemula dan sy liat punya tetangga sy jg sama persis tl nda ada mslh jd sy heran.
    Sblmnya mksh atas responnya..

    ReplyDelete
  20. Jika bingung, silahkan diskusikan melalui contact form diatas.. Kirim juga foto pemasangan LNb & receivernya

    ReplyDelete
  21. Mas,sejak 1 Mrt sy coba terus,pasang LNB dan ternyata switch minta ditukar,sy tamabahin dgn switch 2 lnb..beres..tapi pas ngambil siaran NHK World,kekuatan sinyal 60-74%,kualitas 40-=43%,tapi gambarnya cuma kotak2 warna berkejap2, suaranya ada masuk...tv lain dgn kuat sinyal dan kualitas dibwh itu gambar udh bagus dan jernih..bukan hanya nhk tapi adabbrp tv lain yg spt itu juga..kira2 apa masalahnya lagi ya mas..

    ReplyDelete
  22. Menurut Informasi Channel tersebut sekarang formatnya mpeg4 dan sudah diacak.

    ReplyDelete
  23. Jadi berarti bukan FTA lagi ya mas,harus channel yg paai bayaran itu ya atau cukup tukar receivernya ke mpeg4?tks atas balasannya

    ReplyDelete
  24. kabarnya untuk berbayar mas, jadi cuma ada suara saja kalau pakai rx biasa.

    ReplyDelete
  25. mas mau tanya,

    kenapa ya, tiba-tiba sinyal telkom1 tidak ada sinyal = LNB 2, sedangkan PalapaD ada sinyal LNB 1, sudah tak coba ke pengaturan awal tetep saja yang telkom1 tidak ada sinyal

    mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba kabel konektor dari LNB 1 ke receiver pindahin dulu ke LNB 2, lalu cari signalnya. Jika bisa lock satelit telkom 1 berarti LNB2 tidak ada masalah. Selanjutnya gabungkan, jika tidak bisa kemungkinan Switch 22k yang ada didalam LNB 1 rusak. coba ganti LNB 1 dengan yang masih bagus switchnya atau tambahkan switch luar 22K /diseqc 2x1.

      Delete
  26. Mas saya mau nanya barusan saya coba pasang parabola udh brp hari ini gak baik, saya pake 6 feet dgn dua LNB, dgn arah lnb 1 telkom dan lnb 2 palapa tapi gak mau ngelock ke dua nya jdi harus di geser dulu payung nya, padahal jarak antar lnb sdh saya coba dempetkan tetap pake di geser dulu bila mau k palapa dan jg jarak nya saya coba di renggangkan sedikit dan hasil nya tetap sama aja bila mau k satelit palapa harus di geser dulu, utk setingan reciever lnb telkom 22k on dan lnb palapa 22k off, menurut mas knp ya saya pake disceq 2x1

    ReplyDelete
  27. Untuk masalah itu silahkan baca postingan saya mengenai cara menangani masalah dengan twin lnb

    ReplyDelete
  28. Maka sich mas udh bisa, tadi baru di beliin yg baru disecq 2x1 nya, yg mau saya tanyain sekali lagi knp ya setiah channel di pindah itu rada lama baru bisa dan sound nya ada bunyi cetek... Gt saat channel di pindah

    ReplyDelete
  29. Kemungkinan masalahnya ada di receiver, coba ganti rx lain dulu gan.

    ReplyDelete
  30. Mas saya mau bertanya, saya pake 2 lnb palapa sama telkom tapi siaran yang ada hanya siaran dr sataelit palapa. Bagaimana cara mengatasinya ya, agar siaran dari telkom ada juga? Terimakasih

    ReplyDelete
  31. kenapa siaran tv saya hanya ada metro gan jaktv ja.
    klo mau nonton siara trans tv antena harus distel

    ReplyDelete
  32. Kemungkinan LNB bermasalah atau settingan di receiver kurang tepat. Coba baca link komentar saya diatas

    ReplyDelete
  33. mas minta tolong tuliskan toritorial nyimpan siaran telkom n palapa sama cara mencari siaran palapa sama telkom trus gimana gabung chenelx jadi satu

    ReplyDelete
  34. Lain waktu akan saya update mas, makasih masukannya

    ReplyDelete
  35. Mas,.. Klo lnb 22k glsat 2lnb bisa gak untuk trecking satelit taicom 5, intelsat 17 dll kalo pakai positioner dg actuator? Mohon bantuan.

    ReplyDelete
  36. Mas slm kenal, mau tanya saya pakai getmecom 009 ,iseng2 saya reset pabrik trus semua chanel hilang saya coba scan kok gk bisa , mohon pencerahanya cara mencari chanelnya lg gmn.trims sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, coba mas scan ulang (scan buta) di satelit palapa dan telkom. pastikan setingan sesuai dengan pemasangan LNB atau silahkan baca Cara mengatasi masalah pada parabola

      Delete
    2. Oke trims mas sebelumnya, scan buta ternyata yg bisa menemukan chanel, kmren sy pakai auto. Di list satelit kok punya sy gk muncul palapa / telkom ya mas, jadinya chanelnya gk lengkap, trans,net,antv gk ada.sy coba satelit satu2 tetep aja gk ada.bagaimana caranya mencari satelit telkom/palapa mas? Maaf merepotkan.dan trims sebelumnya

      Delete
  37. Mas putz...mohon pencerahan.
    klo pakai 2 buah lnb dual output(untuk 2 receiver) dengan 2 buah switch 4x1 cara setting di receivernya gmn ya? Apakah 22k harus off/ kedua2 nya?
    Dan bagaimana sebaiknya merangkai kabel jumper pada switch nya?
    Terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Settingannya sama pada kedua rx nya. baik satelit yang satu dengan yang lain.

      Delete
  38. List satelitnya masih tp di scan chanelnya gk ada

    ReplyDelete
  39. Mas sy pasang dongle wifi, sudah konek berhasil, tp youtubenya kok gk muncul di AV ya...gmn cr memunculkanya mas?

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.