Hal yang mempengaruhi Kecepatan Akses Internet SSH dan OpenVPN

Beberapa hal yang harus kita ketahui mengenai kecepatan akses data Internet via SSH maupun OVPN. berikut merupakan hasil dari pengalaman, baca-baca di buku, dan group-group di FB. berikut penulis rangkum mengenai hal tersebut:

Modem

Modem merupakan singkatan dari modulator demodulator. saat ini modem banyak sekali jenis dan merknya, mulai dari yang murah meriah sampai yang high quality. namun yang sering digunakan untuk SSH atau Open VPN adalah jenis modem dongle seperti merk huawei, ZTE, prolink, Sierra dan lain-lain, dengan berbagai tipe. nah dari setiap jenis dan tipe modem tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda, seperti pada daya pengiriman dan penerimaan data maksimum, misal untuk modem huawei tipe E173 kecepatan transfer data maksimum adalah 7,2 MBps tipe E.153 3,6MBps, dan lain-lain. itulah sebabnya kenapa jika anda menggunakan modem yang daya transfer data rendah walaupun signal 4G sekalipun kecepatan akan tetap terbatas.

Signal yang diterima

Hal ini tentu sangat berpengaruh, anda sendiri mungkin sudah bisa menafsirkannya kenapa akses data menjadi lambat saat signal turun. tinggi rendahnya signal yang didapat berdasar atas 
  • Jarak dari BTS
  • adanya penghalang seperti bangunan, bukit atau pepohonan
  • kualitas modem menurun
  • Kerusakan pada BTS itu sendiri
Namun yang perlu diketahui jenis signal didaerah anda apakah sudah mendukung 3G atau 4G jika belum maka jangan berharap speed akan kencang.

Laptop atau PC yang digunakan
Beberapa kasus membuktikan speed yang kurang bagus karena Laptop mengalami penurunan performa, hal ini bisa terjadi karena banyak sebab, misalnya adanya virus, kerusakan program, bahkan ada hardware yang rusak. 



 Ya disini merupakan point yang juga penting, karena akun SSH maupun VPN yang anda dapat berasal dari mana, dan server mana; jika anda berlokasi di Asia Tenggara alangkah bagusnya gunakan akun dari area tersebut juga, untuk saat ini server yang paling banyak digunakan adalah server Singapore, karena kecepatan dan kestabilannya sehingga banyak dipilih oleh warga di Indonesia.

 
jika menggunakan SSH, inject yang digunakan juga mempengaruhi speed akses data internet anda,  hal ini mungkin karena bug atau kombinasi payload yang ditanam didalamnya kurang responsive dan lain lain

Alamat Website atau situs  yang dibuka.
setiap website maupun situs yang dibuka itu berasal darimana, alamatnya dimana, apakah dari area Asia ataukah area Amerika, Afrika, atau Eropa. nah jika akun SSH atau Open VPN yang digunakan server Asia, tentu akan lebih cepat akses datanya untuk situs-situs di area Asia, begitu juga dengan Eropa, maupun Amerika.

mungkin itu saja yang bisa saya tuliskan semoga membantu, Bagi yang ingin menambahkan silahkan, dan mohon dicek jika ada kesalahan.





Berlangganan update terbaru secara gratis:

3 Komentar Untuk "Hal yang mempengaruhi Kecepatan Akses Internet SSH dan OpenVPN"

  1. thanks info nya gan... btw kalau punya inject bisa di bagi dong di alamat ane... hehe... :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 gan, dah vakum ane disitu gan hehe

      Delete
  2. kenapa anda vakum, boleh saya tahu??

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.