Cara memperbaiki Kipas Angin Sistem Digital diganti manual

Kemarin Sore datang seorang Ibu-ibu dengan membawa kipas Angin merk Hyundai, katanya tombolnya sudah gak bisa berfungsi, pakai remotpun juga tidak bisa, akhirnya ane disuruh memperbaiki kipas angin tersebut lalu saya bongkar kipas angin tersebut. Setelah di cek ternyata icnya dah mati,, mau diganti tidak ada yang jual didaerah Rokan Hulu.

Akhirnya saya ganti sistem manual alias pakai saklar seperti pada gambar, stelah diganti akhirnya kipas angin bisa nyala kembali , hanya saja remote aslinya dah gak bisa dipakai karena sistem digital sudah dihilangkan dan diganti dengan sistem manual, namun jika kerusakan IC ini bisa kita gantikan itu justru lebih baik, model ini hanya jika sudah tidak ada lagi IC penggantinya saja.

update
Jadi dalam menangani kasus seperti ini seharusnya kita cari terlebih dahulu komponennya, jika memang tidak ada silahkan ikuti tutorial diatas, karena pada dasarnya fungsi dari sistem digital hanya memudahkan kita karena bisa dikontrol jarak jauh dengan menggunakan remote. Selain merk hyundai sebenarnya masih banyak lagi merk lain yang menggunakan sistem digital, misalnya merk Miyako atau yang lainnya.

Jika ada kendala lain silahkan tuliskan di komentar dibawah ini, jika saya bisa pasti akan dijawab. Yang penting kita harus terus berusaha, jika memang dunia elektronik ini menjadi sebuah hobi, dan tidak mudah putus asa jika mengalami segala kesulitan yang terjadi.



Berlangganan update terbaru secara gratis:

8 Komentar Untuk "Cara memperbaiki Kipas Angin Sistem Digital diganti manual"

  1. gan kipas maspion remot q on/OF nya ok..
    tapi swing.nya gk fungsi ..
    bahkan sa.at on speed 1.2.3 sangat pelan.. jika di tekan mode/timer/swing langsung mati.. kira2 apanya ya gan??
    apa ic power.nya tau yg lain??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masalah tersebut , mungkin masalah ada pada dinamo, bisa kapasitor, gulungan atau tegangan kurang.

      Delete
  2. Saklar nya disambung ke kabel yg mn mas?

    ReplyDelete
  3. salam masputz,blh ga tau skema modif kipas anginnya?law boleh tlg dong kirim ke email saya....gheatan@gmail.com

    ReplyDelete
  4. skelarnya d sambung kemana gan, saya mau buang modulnya trs sya mau jumper langsung biar g usah pke remot skalian tp tkut konslet.. Gan

    ReplyDelete
  5. Wah saya lupa klo ndak lihat langsung, yang jlas cari kabel speed nya, untuk dihubungkan langsung ke saklar. sementara dua kabel AC yang satu ke saklar dan yang kedua langsung ke motor / thermofuse

    ReplyDelete
  6. mas Putz kipas angin saya mati total saat colokan sudah di stop kontak dan dipencet tomobol speed 1,2,3 kipas angin tidak berputar dan di tes pakai tes pen body short ( nyetrum ).itu kira-kira kenapa ya ?
    minta no HP MAS kirim ke email said_21200@yahoo.co.id

    terima kasih

    ReplyDelete
  7. Kemungkinan lilitan di motor ada yang short gan, jadi solusinya ganti motor listriknya atau digulung ulang

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.