Cara Mudah Menghitung Densitas Layar LCD (ppi)

Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya mengenai berbagai jenis resolusi layar pada HP. Kali ini masputz.com juga akan mengulas mengenai bagaimana cara mudah dalam menghitung densitas atau ketajaman layar, baik itu untuk handphone, TV, laptop dan sebagainya. Densitas layar memiliki satuan pixel per inch atau biasa disingkat ppi. Dimana setiap banyaknya titik pixel dan ukuran layar sangat mempengaruhi ketajaman layar itu sendiri. Makanya ukuran LCD yang besar  belum bisa menjamin akan memiliki ketajaman yang lebih bagus.

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini sudah banyak perangkat audio visual yang menggunakan layar LCD untuk menampilkan informasi. Untuk menghitungnya ada rumus yang bisa digunakan agar kita bisa mengetahui densitas layarnya. Oleh sebab itu berikut rumus menghitungnya.

Cara Mudah Menghitung Densitas Layar

Rumus Menghitung Densitas Layar (ppi)


Keterangan :
a = Banyak pixel panjang layar
b = Banyaknya pixel lebar layar
c = Panjang diagonal layar (inch)

Contoh cara menghitung densitas layar:
Sebuah layar LCD dengan resolusi 480 x 640 pixel dengan ukuran layar 2,4 inch. Berapa densitas layarnya?
Jawab:

Dari perhitungan diatas menunjukkan bahwa resolusi layar juga harus diimbangi dengan ukuran layar. Misalkan ada dua buah HP dengan banyaknya pixel pada panjang dan lebar layar (resolusi layar) adalah 240x320 px, namun ukuran layar 2,8 inch dan 3,14 inc. Tentu ketajaman layar atau densitasnya lebih bagus yang 2,8 inch. Jadi resolusi layar yang tinggi belum menjamin bahwa layar tersebut memiliki ketajaman yang bagus.

Setelah mengetahui densitas layar tersebut, dapat kita simpulkan bahwa semakin tinggi nilai kepadatan pixel layar tentu akan semakin tajam dan jernih kualitas layar yang digunakan pada perangkat. Makanya jika anda hendak memilih jenis HP maupun smartphone yang jernih layarnya, pilihlah yang memiliki nilai densitas tinggi. Kalau diatas 333 ppi diatas sudah tergololong memiliki resolusi tinggi untuk jenis handphone.

Demikianlah artikel singkat tentang cara menghitung densitas layar. Mudah-mudahan bermanfaat buat anda.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Mudah Menghitung Densitas Layar LCD (ppi)"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.